Baubau (ANTARA) - Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mengharapkan pemerintah pusat membangun gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di daerah itu mengingat lokasi lahan seluas 8,5 hektare telah disiapkan pemkot di Kelurahan Palabusa Kecamatan Lealea.

"Untuk masalah lokasi sudah aman, itu (lokasi) sudah mau disertifikatkan dari pertanahan. Olehnya itu kita berharap Kementerian Dalam Negeri bisa membangun gedungnya," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Baubau, Zarta, di Baubau, Selasa.

Upaya untuk memperoleh anggaran pembangunan gedung BLK tersebut, kata dia, setelah pihaknya berkoordinasi dengan Direktur Keuangan di Departemen Dalam Negeri.

"Pokoknya dimana lagi kementerian yang kita dengar untuk membantu pembangunan kita akan usulkan. Namanya proposal kita ajukan dan alhamdullilah kalau sudah difasilitasi," tandasnya.

Ia mengatakan, adapun Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) siap membantu memfasilitasi kelangkapan peralatan-peralatan didalamnya apabila gedung BLK sudah dibangun.

"Jadi di Kemenaker tinggal kita datang berkoordinasi dan memasukan permohonan lagi, jadi tinggal gedungnya saja yang kita tunggu," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar pemerintah pusat sekiranya menganggarkan pembangunan gedung BLK tersebut.

"Kalau bangunannya sudah ada dalam proposal, gedung-gedungnya gedung kantor dan untuk workshop ada tujuh gedung yang kita rencanakan.," ujarnya, dengan mengharapkan walaupun secara bertahap dibangun.

 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024