Baubau (ANTARA) - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas 1 Baubau, Sulawesi Tenggara, menggelar apel pembukaan posko terpadu angkutan laut Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Pelabuhan Murhum daerah itu, Selasa. 

Apel diikuti di antaranya aparat UPP Baubau, Kodim 1413 Buton, Satpol Air, Polsek Kawasan Pelabuhan, perusahaan pelayaran, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP, digelar di pelataran parkir Kantor UPP Baubau. 

Kepala Kantor UPP Kelas 1 Baubau, R Pradigdo mengatakan, pelaksanaan apel digelar sehari sebelum pengoperasian posko terpadu tersebut dioperasikan. 

"Jadi ini kita apel dulu, besok 18 Desember 2019 posko terpadu ini resmi beroperasi," ujarnya. 

Pengisian petugas diposko yang telah dibangun disisi sebelah kanan pelabuhan itu, kata dia, akan melibatkan instansi terkait sepperti pihak keamanan, perusahaan pelayaran, dan instansi terkait dari Pemda. 

"Inikan namanya posko juga posko koordinasi. Jadi nanti semua kita libatkan disitu untuk mengkoordinasikan bersama baik didalam pengawasan maupun masing-masing bidangnya, seperti misalnya kesehatan ketika ada yang sakit cepat diobati," katanya. 

Terkait kesiapan armada kapal yang akan beroerasi melayani, kata dia, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kelaikan laut (ramchek) sebagai wujud menciptakan kenyamanan dan keamanan dalam pelayaran. 

"Semua kapal diperiksa kelaikkannya terutama kapal penyeberangan, termasuk kapal kita disini baik kapal kayu, kapal cepat, itu sudah secara administrasi dokumen sudah lengkap dan masih berlaku," katanya. 



Kemudian dalam mengantisipasi meningkatnya arus penumpang pada libur akhir tahun Natal dan Tahun Baru, kata Pradigdo, pihaknya juga sudah menyiapkan fasilitas pelabuhan seperti ruang tunggu terminal guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi calon penumpang moda transportasi laut itu. 

"Saya juga minta kepada perusahaan pelayaran untuk memasang tarif tiket supaya masyarakat calon penumpang mengetahui. Kemudian pula calon penumpang tidak membeli tiket melalui calo," imbaunya. 
 

Pewarta : Yusran
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024