Kendari (ANTARA) - Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Sulawesi Tenggara (Sultra) meluncurkan penyaluran beras program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2019 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Konawe Utara, bertempat di Gudang Bulog Benubenua Kendari, Selasa.

Peluncuran tersebut ditandai dengan pelepasan satu unit truk bermuatan beras menuju Konawe Utara, oleh Asisten III Setda Konawe Utara, bersama Kepala Perum Bulog Divre Sultra, Erwin Tora dan Kadis Sosial Konawe Utara.

Kepala Perum Bulog Divre Sultra, Erwin Tora mengatakan, peluncuran pendistribusian tersebut merupakan yang kedua dilakukan setelah sebelumnya dilakukan hal yang sama untuk KPM di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

"BPNT ini merupakan program dari Kemensos untuk masyarakat yang kurang mampu, Bulog diberikan perintah untuk menyediakan atau menyalurkan beras terhadap masyarakat penerima BPNT," kata Erwin.

Menurut dia pihaknya hanya menyalurkan sampai pada agen atau tempat penukaran kartu BPNT yang dikoordinir oleh Himpunan Bank Negara (Himbara), setelah itu, KPM yang langsung membeli beras di agen atau pelaksana BPNT yang ada di setiap daerah masing-masing. Kepala Perum Bulog Divisi Regional Sultra, Erwin Tora (tengah), saat peluncuran beras BPNT ke Kabupaten Konawe Utara, Selasa. (ANTARA/Bobi Nardi)

Disebutkan, beras yang disalurkan tersebut sejumlah 29 ton untuk jatah penyaluran September, setiap KPM menerima beras sebanyak 10 kilogram.

"Masih ada jatah beras untuk tiga bulan lagi yang akan kami salurkan di Konawe Utara, sampai batas akhir penyaluran 25 Desember 2019," katanya.

Sementara itu Asisten III Setda Konawe Utara, La Ondjo mengatakan, ada beberapa daerah yang akan dilakukan untuk melakukan penyerahan beras hari ini tetapi hanya Konawe Utara.

"Saya besyukur bahwa Konawe Utara mendapatkan bantuan ini, karena bukan karena warga kami banyak yang miskin tetapi habis terkena musibah banjir, sehingga harta benda yang meraka miliki habis terbawa," katanya.

Ondjo berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarkat yang menerima bantuan tersebut meskipun hanya 10 kilogram per kelompok.  

Pewarta : Bobi Nardi
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024