Kendari (ANTARA) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai akan membuka proses pendaftaran bakal calon kepala daerah di tujuh daerah secara serentak yang akan melaksanakan Pilkada 2020 mendatang.

Sekretaris Jendral Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Sultra, Usman Sadikin mengatakan, pihaknya telah memerintahkan kepada seluruh Dewan Pengurus Cabang (DPC) untuk membuka pendaftaran hari ini, Senin 21 Oktober 2019.

"Kita sudah perintahkan ke DPC untuk membuka pendaftaran dari tanggal 21 sampai 30 Oktober 2019. Jadi tanggal 31 itu sudah tidak ada lagi pendaftaran," kata Usman Sadikin, di Kendari, Senin.

Usman menjelaskan, dari 7 daerah yang akan Pilkada, yaitu Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konut) Konawe Kepulauan (Konkep), Kolaka Timur (Koltim), Muna, Wakatobi, dan Buton Utara (Butur), PKB hanya mendapat kursi di 5 daerah saja.

"Yang tidak ada kursi di Wakatobi dan Koltim. Tapi tetap kita ikuti dengan mengusung kader. Sedangkan Muna kita ada 4 kursi, Konkep 3 kursi, Konsel 2 kursi, Konut 2 kursi dan Butur 3 kursi. Intinya kader PKB menjadi prioritas di pilkada 2020," ungkpanya.

Usman juga mengungkpakan, setelah PKB selesai melakukan penjaringan, maka langkah lanjutan adalah nama yang mendaftar akan dibawa ke DPW PKB Sultra, untuk kembali disaring oleh tim 9 yang dibentuk DPW sendiri.

"Setelah tim 9 selesai melakukan penjaringan, maka DPW akan meneruskan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB untuk ditentukan siapa yang akan diusung dari masing-masing kabupaten," tutupnya.
 

Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024