Kendari (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Tenggara (Sultra) selenggarakan pasar murah dengan menjual berbagai kebutuhan pangan-pangan strategis bagi masyarakat menjelang hari raya Idul Adha 2019.

Kepala bidang distribusi dan cadangan pangan dinas tanaman pangan Sultra,  Abd.Tami di Kendari, Kamis, mengungkapkan kegiatan pasar murah tersebut bertujuan untuk membantu meringankan biaya warga masyarakatbuntuk membeli kebutuhan pokok sedikit lebih murah dibanding yang ada di pasar-pasar.

"Yang pasti bahwa dengan pasar murah ini jangkauan dan daya beli masyarakat bisa terjangkau,"' ujar Abd Tami.

Ia mengatakan, sejumlah kebutuhan pangan strategis yang ditawarkan ke masyarakat itu di antaranya beras, minyak goreng, bawang, telur ayam,  gula pasir hingga cabe rawit.

"Kalau harga gula pasir di pasaran seharga Rp13.400/kg, di pasar murah ini kita jual Rp12.000/kg, telur ayam Rp45.000/rak di pasar ini hanya Rp42.000/rak/30 biji," katanya.

Begitu pula dengan jenis pangan strategis lainnya ditawarkan kepada masyarakat dengan harga yang sedikit rendah dengan harapan masyarakat terutama dari kelangan ekonomi.ke bawah bisa terbantu.

"Sudah menjadi hal biasa, disaat menjelang harul raya,  terkadang harga sejumlah kebutuhan naik seketika. Dengan kegiatan pasar murah ini, sedikitnya besa meringankan mereka," tutur Tami.

 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024