Kolaka (ANTARA) - Dandim Kolaka, Sulawesi Tenggara, Letkol Kav Amran Wahid memberikan pemahaman ideologi kepada siswa sekolah menegah atas (SMU) di daerah itu, Selasa.

Menurut Amran Pancasila adalah dasar negara dan sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia.

" Implementasi nilai-nilai Pancasila harus dimengerti dan dipahami sebaik-baiknya," katanya di hadapan 250 siswa SMAN I Kolaka, Sultra.

Amran juga menjelaskan sebagai generasi bangsa harus menyelamatkan Pancasila dari setiap usaha yang hendak mengganti ideologi kita karena makna yang terkandung di dalam tubuh Pancasila terdapat lima unsur.

Kelima unsur itu kata dia yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, di mana setiap umat beragama saling menghargai dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

" Unsur Kemanusiaan di mana semua perbuatan dimulai dengan kesadaran sikap yang sesuai dengan nilai moral dan kebersamaan dalam kehidupan," ungkap Dandim.

Begitu juga dengan persatuan dimana semua usaha ke arah bersatu dalam kebulatan tekad sebagai satu kesatuan dalam bingkai NKRI.

Sementara unsur kerakyatan jelas Amran adalah suatu sistem pemerintahan rakyat dengan cara melalui badan-badan tertentu dan menetapkan suatu aturan dengan jalan musyawarah mufakat.

Keadilan sosial adalah terwujudnya masyarakat yng adil dan makmur serta sejahtera dan sesuai hakikat manusia yng adil dan beradab.

" Masyarakat Indonesia dalam tingkah laku sehari-hari juga harus berpedoman teguh pada ideologi Pancasila agar cita-cita yang diharapkan bisa terwujud," jelas Amran Wahid.


 


Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024