Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial menyiapkan bantuan senilai Rp1,5 miliar untuk penanganan banjir di Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

"Bantuan tahap pertama sudah kami siapkan dan besok akan diserahkan," kata Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita di sela-sela halalbihalal jajaran Kementerian Sosial di Jakarta, Senin.

Bantuan tahap pertama tersebut, kata Agus berupa logistik antara lain lauk pauk, tenda, baju, selimut dan lainnya senilai Rp1,1 miliar, serta perlengkapan pengungsi untuk membersihkan rumah mereka dari sisa banjir seperti sapu, ember dan lainnya senilai Rp500 juta.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat mengatakan, dua dapur umum sudah didirikan untuk mendukung kebutuhan makanan pengungsi yaitu di Kelurahan Asera Kecamatan Asera.

"Sebanyak 26 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) juga sudah diturunkan untuk membantu proses evakuasi, operasional dapur umum serta mobilisasi bantuan dan pendampingan pengungsi," kata Harry.

Selain itu, juga telah dilakukan pendampingan dukungan psikososial untuk mendampingi anak-anak korban banjir di dua titik posko.

Banjir yang disebabkan hujan lebat sejak Sabtu (1/6) hingga Minggu (9/6) mengakibatkan banjir di enam kecamatan di Kabupaten Konawe Utara.

Banjir menyebabkan 1.000 unit rumah terendam, 58 rumah hanyut, 1.054 KK/4.089 jiwa mengungsi.

Ke enam kecamatan terdampak banjir yaitu Kecamatan Andawia, Asera, Oheo, Langgikima, Landawe dan Wiwirano. Sedangkan 28 desa yang terisolasi, sementara akses jalan menuju lokasi lumpuh, karena jalan dan jembatan terputus.

 

Pewarta : Desi Purnamawati
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024