Kendari (ANTARA) - Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Sulawesi Tenggara (Sultra), Hado Hasina, mengatakan lembaga yang dipimpinnya itu berkomitmen untuk membangun konektifitas empat pulau besar di Kabupaten Wakatobi, yakni pulau Wanci, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

"Ada satu harapan besar saya yang harus segera saya wujudkan adalah pembangunan penyeberangan yang menghubungkan empat pulau di Wakatobi, sehingga kita bisa membawa kendaraan roda empat dari Kendari sampai di Pulau Binongko," kata Hado Hasina, di kendari, Kamis.

Dikatakan, pembangunan dermaga penyeberangan Feri di Wakatobi ini menjadi salah satu proyek prioritas nasional di Sultra.

"Satu pelabuhan membutuhkan anggaran antara Rp50 sampai Rp60 miliar," katanya.  

Hado berharap, Gubernur Sultra, Ali Mazi, bisa meletakan batu pertama pembangunan dermaga penyeberangan Feri Tomia-Binongko, Kabupaten Wakatobi dalam bulan ramadhan ini.

“Kadi harapan saya, kalau sekiranya ada jadwal Gubernur safari ramadhan di Wakatobi, maka bisa sempatkan waktu untuk melakukan peletakan baru pertama pembangunan dermaga penyeberangan Tomia-Binongko," katanya.

Kalau peletakan batu pertama dermaga penyeberangan Tomia-Binongko dilakukan bulan ini, maka pada tahun 2021 pelabuhan penyeberangan Feri Tomia-Binongko bisa diresmikan.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024