Kendari (ANTARA) - Dinas Perhubungan Sulawesi Tenggara (Sultra), mengimbau masyarakat yang ingin melakukan pelayaran agar senantiasa mewaspadai gelombang tinggi pada jalur yang akan dilalui.

"Saya juga mengimbau seluruh petugas pelabuhan untuk tidak melakukan pelayaran bila terjadi gelombang tinggi saat arus mudik lebaran 2019," kata Kepala Dishub Sultra, Hado Hasina, di Kendari, Kamis.

Disebutkan, jalur penyeberangan yang kerap terjadi gelombang tinggi seperti penyeberangan Pelabuhan Kolaka-Bajoe, kemudian jalur pelayaran Kendari-Wanci, Kendari-Wawonii, Kendari-Menui.

"Kita mengimbau agar tidak melakukan pelayaran, karena lebih baik tidak berangkat daripada harus membahayakan penumpang," katanya.

Dikatakan, pihak BMKG setiap saat selalu merilis kondisi.cuaca dan gelombang di perairan Sultra agar itu bisa menjadi rujukan atau pertimbangan saat hendak berlayar.

"BMKG Kendari telah mengeluarkan peringatan terkait kondisi gelombang perairan wilayah Sultra dan sekitarnya," katanya.

Dishub juga ingatkan pemilik kapal agar senantiasa menyiapkan alat keselamatan sebelum berlayar dan jangan melebihi kapasitas muatan kapal.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024