Kendari (ANTARA) - Hujan gerimis dan sesekali deras yang mengguyur sebagian wilayah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu pagi, tidak mengurangi semangat warga yang mendatangi Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Pantauan di Kendari, di TPS 24 Kelurahan Baruga misalnya, warga yang datang dengan menggunakan payung dan sebagian ada yang nekat tidak menggunakan wadah di kepala itu, datang dengan membawa surat panggilan C-6 kepada petugas KPPS.

Bahkan ada diantara wajib pilih yang tidak lagi mendapatkan C-6 namun terdaftar sebagai DPT tetap menjadi perhatian petugas yang ada di dalam TPS itu untuk menyalurkan suaranya.

Ketua KPPS- 24 Kelurahan Baruga, Moh.Ishak mengatakan saat ini wajib pilih yang terdaftar sebagai pemilih tetap sebanyak 250 orang atau alami pengurangan dibandiung saat Pemilu 17 April lalu sebanyak 265 orang.

"Ada pengurangan sebanyak 15 orang disebabkan pindah alamat, dan sebagian lainnya tidak diketahui keberadaannya," ujarnya.

Sementara di TPS-17 Kelurahan Wundudopi, dengan jumlah wajib pilih DPT sebanyak 128 orang, menurut KPPS Bahrun Masri, diharapkan bisa menyalurkan semua suaranya di TPS ini, karena saat menyerahkan kartu panggilannya semuanya tersalurkan ke wajib pilih.

Sementara itu ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Saleh mengatakan sebanyak 1.857 warga Kota Kendari, mengikuti proses pemungutan suara ulang yang digelar, serentak hari ini yang tersebar pada 9 TPS.

"Pemilih yang menggunakan hak pilihnya hari ini adalah pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap baik yang datang memilih 17 April 2019, lalu maupun yang tidak hadir," katanya.

Disebutkan, TPS yang akan menggelar PSU di Kota Kendari yaitu TPS 7 Wundudopi, TPS 20 Kelurahan Rahandouna, TPS 10 Kemaraya, TPS 1 Watuwatu, TPS 11 Punggaloba, TPS 19 Watubangga, TPS 5 Kambu, TPS 24 Baruga, TPS 15 Mandonga.

“TPS 11 Kelurahan Punggaloba Kecamatan Kendari Barat hanya memilih DPR RI. TPS 01 Kelurahan Watuwatu Kecamatan Kendari Barat hanya pemilihan presiden. 7 TPS lain seluruhnya memilih untuk 5 jenis pemilihan,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, suasana PSU di TPS masih berlangsung, warga yang datang di TPS bukan saja yang memiliki hak untuk memilih tetapi juga banyak warga yang hanya datang untuk meramaikan suasana proses pencoblosan ulang tersbut.***2*** Warga antusias melakukan PSU di sejumlah TPS di Kendari meskipun sejak pagi hingga siang hujan. (foto ANTARA/ Azis Senong)

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024