Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari bersama Dinas Pertanian menggelar rapat persiapan Launching Pasar Tani Organik dan dipimpin langsung Wali Kota Kendari Sulkarnain K, yang berlangsung di Ruang Rapat Wali kota Kendari, Selasa. 

Sulkarnain, dalam kesempatan itu mengutarakan keinginannya untuk membuat lahan organik pertanian di Kota Kendari, walau pun terdengar tidak masuk akal, namun ia telah membuktikan sendiri bahwa hal itu bisa saja dilakukan misalnya dengan menerapkan konsep hidroponik dan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar pekarangan rumah.

"Saya tidak hanya sekedar meminta kelompok tani, saya sendiri di rumah pun buat dalam konsep hidroponik, kita pakai polibag dan hasilnya lumayan kita bisa nikamati," katanya. 

Menurut dia, Kota Kendari memiliki potensi yang besar di bidang pertanian yang harus dikelola secara maksimal dan berkelanjutan sehingga bisa memberikan kesejahteraan bagi petani setempat.

Ia juga berharap nantinya hasil-hasil produksi tani tersebut bisa diserap di dunia usaha seperti hotel dan rumah makan.

"Saya berharap hasil-hasil pertanian yang dihasilkan oleh kelompok tani kita bisa diserap oleh dunia usaha," katanya.

Beberapa daerah yang menjadi lahan pertanian di Kendari terdapat di antaranya Kecamatan Baruga, Kecamatan Abeli, Kecamatan Mandonga, Kecamatan Kendari.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024