Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota Kendari, meluncurkan Aplikasi Sisten Informasi Kesehatan Daerah (Sikda) Generik guna mendukung pelayanan kesehatan yang prima di daerah itu.

Peluncuran aplikasi Sikda Generik dilakukan oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain, dirangkaikan peresmian gedung baru Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskemas Jati Raya, Rehabilitasi UPTD Puskesmas Lepo-Lepo, Puuwatu, Poasia, Wua-Wua, dan Nambo di pusatkan di di Puskesmas Jati Raya yang beralamatkan di Jalan Sorumba, Kelurahan Anaiwoi, Kecamatan Kadia, Senin.

Sikda Generik adalah sistem informasi kesehatan yang mengintegrasikan sistem-sistem informasi di fasilitas pelayanan kesehatan.

Sehingga aplikasi ini diharapkan dapat berguna secara efektif dalam memudahkan pelayanan kepada masyarakat serta sebagai alat komunikasi pengelola data di Puskesmas, untuk dapat saling tukar menukar data, serta membantu pengelola data agar selalu siap memberikan data kesehatan secara utuh dan berdasarkan bukti.

Wali Kota Kendari, berharap pembangunan dan rehabilitasi UPTD Puskesmas, serta launching aplikasi Sikda Generik ini dapat membantu Pemerintah Kota Kendari untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat dalam mendukung visi Kota Kendari.

"Yaitu Mewujudkan Kota Kendari Sebagai Kota Layak Huni Yang Berbasis Ekologi, Informasi, dan Teknologi," katanya.

Selesainya pembangunan gedung baru Puskesmas Jati Raya itu kata Sulkarnain, diharapkan dapat semakin mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, serta mampu menjadi ujung tombak dalam mewujudkan tercapainya keberhasilan pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024