Kendari (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra), menyatakan bahwa penggantian 13 kotak suara yang mengalami kerusakan saat distribusi di Kabupaten Bombana sudah tuntas.

Ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib, di Kendari, Selasa, mengatakan 
cuaca menjadi kendala pendistribusian logistik pemilu di Kabupaten Bombana. Sehingga mengakibatkan kotak suara rusak.

"13 kotak suara yang alami kerusakan tersebut tersebar di lima kecamatan di Bombana," kata ketua KPU Sultra, La Ode Abdul Natsir Muthalib.

Setelah dikoordinasikan dan mendapat rekomendasi dari Bawaslu katanya, maka langsung dilakukan proses penggantian kemudian didistribusi langsung ke tujuan.

Disebutkan, kotak suara yang rusak tersebut yakni di Kecamatan Kabaena terdapat satu kotak suara DPRD provinsi untuk di tempat pemungutan suara (TPS) 3 Desa Rahampuu.

Kemudian lima kotak suara rusak di Kecamatan Kabaena Selatan, yakni satu kotak suara DPRD kabupaten untuk di TPS 1 Batuawu, satu kotak suara capres-cawapres untuk di TPS 1 Batuawu, satu kotak suara DPRD kabupaten untuk di TPS 2 Batuawu, satu kotak suara DPRD provinsi untuk di TPS 3 Pongkalaero, dan satu kotak DPRD kabupaten untuk di TPS 1 Pongkalaero.

Selanjutnya di Kecamatan Kabaena Timur terdapat tiga kotak suara rusak, yakni satu kotak suara DPD RI untuk di TPS 3 Tapuhaka, satu kotak suara DPRD kabupaten di TPS 4 Dongkala, dan satu kotak suara capres-cawapres untuk di TPS 6 Lambale.

Sementara dua kotak suara berikutnya yang rusak terdapat di Kecamatan Poleang Utara yakni untuk DPD RI di TPS 5 Tampabulu dan DPR RI untuk di TPS 2 Wambarema. 

"Kemudian di Kecamatan Masaloka Raya juga terdapat dua kotak suara rusak yakni DPR RI PPK Masaloka Raya, dan kotak suara DPRD kabupaten di TPS 1 Batu Lamburi," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024