Konawe (ANTARA) - PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, menggelar "Kampung Sehat BUMN" 2019 sebagai rangkaian HUT ke-21 Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Pada kegiatan yang dipusatkan di Balai Desa Amosilu Kecamatan Besulutu Kabupaten Konawe tersebut dihadiri ratusan orang warga setempat termasuk kalangan milenial daerah tersebut.

Kegiatan "Kampung Sehat BUMN" yang tersebut terdiri dari beberapa bagian sektor yaitu kerja bakti membersihkan sampah kemudian membakarnya, sembako murah, serta pengobatan gratis bekerja sama dengan PT Jasa Raharja Cabang Sulawesi Tenggara.

Sebelum acara dimulai sekitar pukul 08.00 WITA, warga tersebut sudah berbondong-bondong mendatangi lokasi di depan Balai Desa Besulutu, bahkan warga terlihat mulai membersihkan halaman balai desa mengingat mereka datang ke acara dengan membawa peralatan kerja bakti seperi cangkul, parang.

Begitu acara mulai, diisi dengan kata sambutan dari Kepala Desa Amosilu, Ny Sartina A, Camat Besulutu Abdul Halis, serta Manajar Seksi Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum (Persero), Ismail Midi.

Di sela-sela tersebut puluhan warga mendatangi pos kesehatan yang didirikan PT Jasa Raharja untuk memeriksakan kesehatan badannya. Mereka mendapatkan pemeriksaan dan obat secara gratis dari petugas kesehatan.

"Saya periksa badan saya karena ketika kepala menunduk kemudian tengahad terasa berkunang-kunang," kata Jamaluddin (60) sambil menunjukkan obat pemberian dari tim kesehatan.

Jamaluddin sempat bertanya kepada salah seorang warga begitu dirinya mendapatkan obat, "apakah boleh diminum obatnya sekarang?" karena di sampul obat tersebut tertera tulisan 1 X 1 sehari sesudah makan.

Pada acara tersebut, warga diberi sembako dan peralatan kebersihan, kemudian meraka membersihkan lingkungan masing-masing termasuk sampah yang ada di pinggir jalan yang menghubungkan Kota Kendari-Kabupaten Konawe-Kolaka, kemudian membakarnya. Kegiatan bersih-bersih dalam rangkaian "Kampung Sehat BUMN 2019" di Desa Amosilu, Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe. (foto Antara/Sharif Santiago)
"Kegiatan ini bersifat positif karena membantu masyarakat, selaon kerja bakti dan pembagian sembako. PT Inalum bekerja sama dengan PT Jasa Raharja melakukan pengobatan gratis," kata Camat Besulutu, Abdul Halis.

Ia menambahkan, kegiatan yang diselenggarakan PT Inalum ini merupakan kegiatan sosial yang tidak ada kaitanya dengan Pemilu 2019. "Ini murni kegiatan sosial, tidak ada kaitannya dengan pilpres atau pilcaleg. Jadi tolong masyarakat jangan disalahartikan," katanya menegaskan.

Manajer Seksi Pemberdayaan Masyarakat PT Inalum, Ismail Midi mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yaitu masyarakat bisa mempertahankan keberishan kampung serta menghidupkan budaya gotong royong dan mempromosikan transaksi online dari BUMN yaitu "Link Aja".

Baca juga: PT Pembangunan Perumahan ( Persero ) Tbk gelar kelas kreatif di UHO

"Kami dari BUMN berharap dengan kegiatan ini bisa membantu masyarakat dalam menghidupkan kembali budaya gotong royong," katanya.
 

Pewarta : M Sharif Santiago
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024