Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kota Kendari, bekerja sama dengan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menetapkan Kelurahan Watubangga, Kecamatan Baruga sebagai Kampung KB di Kota Kendari.
     
Pencanangan itu dilakukan oleh Asisten I Pemerintah Kota Kendari, Rahman Napirah, di Kelurahan Watubangga, Senin, dihadiri Sekretaris BKKBN Sultra, Jamaluddin.
   
Rahman mengatakan, program Kampung KB ini merupakan prioritas pembangunan di wilayah pinggiran kota dengan kondisi infrastruktur yang masih kurang.
     
"Dengan pencanangan Kampung KB ini, kita berharap bisa meningkatkan infrastruktur karena program ini dilakukan lintas sektor, tapi tentunya tetap mengutamakan pembangunan keluarga dan pengendalian penduduk," katanya. 
     
Sekretaris BKKBN perwakilan Sultra Jamaluddin, mengatakan Program Kampung KB mengacu pada dua hal yakni, pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga.
   
Pengendalian penduduk di Kota Kendari sudah berjalan dengan baik, karena kalau kita lihat angkanya 2,4 lebih rendah dari Sultra masih berada pada angka 2,8 artinya tingkat kesadaran warga kota lebih tinggi," katanya.
     
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk (Dalduk) dan KB Kendari, Hasria Mahmud, mengatakan pemilihan Kelurahan Watubangga Kecamatan Baruga karena memenuhi sejumlah syarat diantaranya jumlah kepesertaan KB yang masih kurang.
     
"Kita pilih kelurahan bukan yang bagus-bagus tapi telah memenuhi syarat," katanya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024