Kendari (Antaranews Sultra) -? Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menyatakan menyambut baik program Sultra Emas dengan visi misi pembangunan ekonomi Sulawesi Tenggara dalam rangka mendorong percepatan pembangunan ekonomi di segela bidang.

"Sultra memiliki banyak sumber daya alam yang potensial, baik sektor pertanian dalam arti luas, perikanan, pertambangan, pariwisataa, jasa kuliner hingga kegiatan investasi sangat menjanjikan," kata gubernur BI, saat menghadiri pelantikan Kepala Perwakilan BI Provinsi Sultra, di Kendari, Senin.

Menurut Perry, dengan program visi misi Pemprov Sultra emas, dianggap mampu bersinergi dengan program BI yang terus mendorong berbagai kegiatan investasi, ekspor serta pariwisata. Apalagi Sultra dengan sektor parawisata? di Wakatobi, merupakan salah satu destinasi andalan tanah air yang masuk dalam 10 besar di Indonesia.

"Dengan melihat potensi Wisata Wakatobi," Ini modal besar bagi kemajuan daerah Sultra secara keseluruhan," katanya.

Oleh karena itu, lanjut Perry, sinergitas antara BI, pemerintah daerah dan semua pihak perlu dilakukan untuk mempercepat pembangunan di Sultra.

"Dengan sinergi ini akan membuat perekonomian kita menjadi lebih baik. Saya apresiasi semua pihak di Sultra atas kerjasama dan sinergi yang sangat baik selama ini,? ungkapnya.

Sebelumnya, Gubernur BI resmi melantik Suharman Tabrani sebagai Kepala Perwakilan (KPw) BI Sultra, menggantikan Minot Purwahono yang telah memasuki purna bakti sejak 1 Januari 2019. Suharman Tabrani sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Balikpapan, Kalimantan Timur.

Perry Warjiyo mengatakan, pengalihan tugas ini dilakukan bukan hanya sebagai bagian dari proses promosi dan rotasi, namun juga sebagai bagian dari garis misi dirinya sebagai Gubernur BI.

"Saya ingin BI tidak hanya menjalankan mandat untuk menstabilitaskan inflasi dan lain-lain, tapi juga harus mampu berkontribusi nyata baik nasional maupun daerah,? kata Perry seraya menambahkan bahwa perekonomian Sultra tumbuh sangat positif terbukti bisa melampau angka nasional.

Ia juga mengapresiasi terjalinnya sinergitas antara semua pihak dengan BI untuk membangun daerah, dan semoga selalu seperti ini. Kita juga harus bersinergi untuk mendorong ekspor dan pariwisata di Sultra," tutupnya.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024