Kendari (ANTARANews Sultra) - Komite Olahraga Nasional Indonesia Sulawesi Tenggara mendukung cabang olahraga yang berjuang untuk menjadi pelaksana Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra-PON) XX.

Ketua Umum KONI Sultra Lukman Abunawas, di Kendari, Jumat, mengatakan pengurus pusat, daerah, dan peserta prakualifikasi PON jangan meragukan kesiapan Sultra sebagai penyelenggara kegiatan taraf nasional.

"Kami berharap pengurus pusat cabang olahraga mempercayakan Sultra sebagai pelaksana iven perebutan tiket PON. Kalau amanah tersebut terwujud maka menjadi tanggungjawab pemerintah dan penggiat olahraga daerah ini," ujar Lukman Abunawas yang juga Wakil Gubernur Sultra itu.

Lukman menambahkan, KONI Sultra mengapresiasi pengurus cabang olahraga yang kreatif melakukan pendekatan dengan pengurus pusat, sehingga mendapat kepercataan sebagai tuan rumah penyelenggara prakualifikasi PON.

"Dua cabang olahraga yang sedang berjuang meyakinkan pengurus pusat dan daerah-daerah adalah kempo dan brigde. Sarana penunjang pelaksanaan prakualifikasi PON cabang olahraga kempo dan brigde tidak ada masalah karena dapat memanfaatkan sejumlah gedung milik pemerintah dan GOR milik swasta," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Provinsi Brigde Sultra Elvis Basri Uno mengatakan Sultra dinominasikan salah satu calon tuan rumah penyelenggara prakualifikasi PON cabang olahraga bridge.

"KONI dan Pemerintah Sultra mendukung tekad pengurus provinsi Bridge Sultra sebagai tuan rumah prakualifikasi PON. Kalau diberi amanah oleh pengurus besar Bridge adalah kebanggaan sekaligus tantangan," pungkas Elvis

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024