Kendari (Antaranrws Sultra) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara meluncurkan program prioritas peningkatan sumber daya manusia dan beasiswa "Cerdas Sultraku".

Gubernur Sultra Ali Mazi di Kendari, Minggu, mengatakan pembangunan sumber daya manusia melalui pendidikan formal prioritas sebagai jaminan keberlangsungan pemimpin daerah dan bangsa.

"Generasi muda pemimpin masa depan harus diciptakan dari sekarang melalui lembaga pendidikan yang berkualitas, sehingga pemerintah Sultra mengalokasikan anggaran sesuai undang-undang," kata Ali Mazi.

Peresmian program "Cerdas Sultraku" yang ditandai pemukulan gong oleh Gubernur Ali Mazi turut disaksikan Wakil Gubernur Lukman Abunawas, Kadis Dikbud Damsid dan pejabat lungkup Pemerintah Provinsi Sultra.

Ketersediaan sarana pendidikan yang memadai seperti laboratorium komputer, praktikum, budaya dan seni menjadi kebutuhan para guru dan murid/siswa untuk mewujudkan mutu pendidikan yang berkualitas.

Selain infrastruktur pendidikan berupa ruang kelas belajar juga pemerintah Sultra menyiapkan beasiswa bagi siswa berprestasi dan siswa kurang mampu.

"Pemerintah menyiapkan beasiswa bagi 1.000 orang siswa, mahasiswa Diploma III, Strata Satu (S-1), Magister (S-2) hingga beasiswa bagi program doktor (S-3). Besaran beasiswa bervariasi dengan tujuan meringankan beban peserta didik maupun orang tua," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Damsid mengatakan program beasiswa direalisasikan secara berkelanjutan oleh pemerintah daerah.

"Untuk tingkat SMU/SMK/MA dan SLB sudah banyak membatu orang tua siswa kurang mampu sehingga pemerintah daerah dan DPRD sependapat untuk melanjutkan program tersebut," kata Damsid.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024