Kendari (Antaranews Sultra) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar workshop pemuktahian basis data keluarga Indonesia (PBDK).
   
 Kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari yakni 14-16 November itu dibuka pelaksana harian kepala BKKBN Sultra, Jamaluddin, di Kendari, Rabu.
   
 "Data keluarga Indonesia harus terus diupdate sehingga dapat diperoleh data terkini yang lengkap, akurat dan akuntable. Upaya ini terus dipermudah dengan menggunakan aplikasi online," kata Jamaluddin.
     
Ia berharap para peserta mampu menerapkan materi tersebut dalam menginput data-data kependudukan terkini dengan aplikasi berbasis NIK.
     
"Data hasil Pendataan Keluarga sebagai sumber data dan informasi yang berkualitas, akurat, tepat waktu dan dapat dipercaya serta memberikan gambaran yang tepat dan menyeluruh tentang keadaan di lapangan," katanya.
     
Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan tertuang dalam RPJMN 2015-2019 kata Jamaluddin, udah berjalan empat tahun dan tinggal setahun, hasilnya masih banuak program belum tercapai yang bermuara pada persoalan data di lapangan.
     
"Maka diperlukan data mikro keluarga sebagai data basis operasional dan peta kerja Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga dan program intervensi lainnya," katanya.
     
Dijelaskan, Pemutakhiran Basis Data Keluarga adalah merupakan data mikro keluarga di daerah.
   
 "Pendataannya dilakukan bersama masyarakat. Data dan Informasi ini sangat penting untuk mendukung program pembangunan di daerah, khususnya program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) Nasional," katanya.
     
Ketua Panitia kegiatan, Ali Imran, mlaporkan kegiatan itu diikuti perwakilan organisasi perangkat daerah (OPD) tentang KB di kabupaten kota se Sultra dengan total 34 orang.
   
 "Harapan kita, melaui kegiatan ini nantinya kualitas, pengelolaan dan cakupan pemuktahiran basis data keluarga khususnya di Sulra bisa lebih meningkat," katanya.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024