Wangiwangi  (Antaranews Sultra) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), meresmikan Festival Wakatobi Wave atau Wakatobi Wanderful dan Expo 2018 bertempat di Lapangan Merdeka Wangiwangi, Minggu.
   
 Wakatobi Wave adalah salah satu cara untuk memperkenalkan rangkaian kegiatan festival berbasis keindahan Pulau Wakatobi pada dunia.
     
Wakatobi Wave mengusung misi mempromosikan Wakatobi sebagai salah satu tulang punggung destinasi bahari di Indonesia, dengan target peningkatan arus kunjungan wisatawan.
     
Gubernur mengatakan, Wakatobi memiliki potensi wisata yang tidak hanya dikenal secara nasional tetapi juga di dunia sehingga harus terus digali dan dikembangkan agar bisa menarik minat wisatawan.
     
"Jadi sangat tepat kalau pemerintah pusat telah menetapkan Wakatobi sebabagai 10 destinasi wisata Indonesia," katanya.
     
Ali Mazi mengaku, menjadikan Wisata sebagai sektor andalan dalam RPJMD lima tahun kedepan yang bisa mendorong dan meningkatkan kesejahteraan mastarakat.
     
"Dalam penyusunan RPJMD 2018-2023, kami jadikan sektor patiwisata sebagai sentor andalan, sehingga akan menjadi fokus utama kita untuk mengembangkan sektor ini secara terpadu bersama 17 kabupaten kota se Sultra," katanya.
     
Wakatobi Wave merupakan salah satu kalender kegiatan Kementerian Pariwisata dari 100 wonderful Indonesia.
     
Wakatobi Wave dimulai sejak 2016 dan resmi menjadi ivent nasional atau kegiatan 100 wonderful Indonesia sejak 2017 yang menampilkan berbagai ragam budaya masyarakat Wakatobi.
     
Pembukaan kegiatan yang berlangsung selama 3 hari ini dihadiri Asisten Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata, Hariyanto, Mantan Ibu Gubernur Sultra, Tina Nur Alam, Bupati Wakatobi, Arhawi, Wakil Bupati Wakatobi.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024