Kendari  (Antaranews Sultra) - Pengurus Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Sulawesi Tenggara (Sultra) berharap kalangan generasi muda atau sekarang disebut generasi milenial harus selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

"Untuk anak-anak muda sekarang, agar semangat juang 1945 tetap terpelihara dengan baik. Jaman dulu dengan jaman sekarang memang berbeda tetapi semangat juang bagi generasi mudah harus tetap satu dan terpelihara demi NKRI," kata Kolonel TNI Purnawiran Murad Husen, pengurus LVRI Sultra, saat menghadiri hari Pahlawan di Kendari, Sabtu.

Menurut dia, meskipun Indonesia yang kita cintai teleh lama merdeka, namun kita harus bangga dengan perjuangan-perjuangan yang dilakukan para pejuang terdahulu.

Tugas generasi penerus adalah untuk mewujudkan cita-cita pencerahan kehidupan bangsa dimasa depan. Sebagai penerus bangsa kita harus memiliki semangat kejuangan, sifat kritis, idealis, inovatif dan futuristik tanpa meninggalkan akar budaya bangsa Indonesia.??

 "Olehnya itu, sebagai generasi penerus bangsa kita wajib menjaga negara kita dengan baik," kata Murad yang juga mantan anggota DPRD Sultra pada era 90-an hingga 1995.?

 Ia juga berpesan bahwa sebagai generasi penerus bangsa seharusnya dari sejak sekarang harus menanamkan sifat jujur. Agar pada saat menjadi pemimpin kelak nanti kita bisa menjadi pemimpin yang jujur dan tidak korupsi dengan hal apapun.?Oleh karena itu wajib menjaga negara kita agar negara kita dapat mencapai tujuan yang sebenarnya

Lebih lanjut, ia menjelaskan walaupun dari pejuang bangsa yang sudah lama wafat, namun kematian hanyalah memisahkan raganya. Jiwa dan cita-cita mereka hingga saat ini masih berkobar, dan sudah selayaknya kita tak memadamkan impian tersebut, pintahnya.?

Perjuangan harus tetap dilanjutkan, meskipun hanya sisa kenangan yang terparti di taman makam pahlawan, tidak ada tawar-menawar untuk NKRI, karena NKRI harga mati.?

Menurutnya modal utama yang harus dimiliki para generasi muda sekarang ini adalah mengaplikasikan UUD 1945 dan Pancasila secara serius.

"Setelah kita memegang teguh UUD 1945 dan Pancasila, maka generasi muda sekarang bisa menciptakan masyarakat yang adil dan makmu," tambahnya.
 

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024