Kolaka (Antaranews Sultra) - Komisi III DPRD Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, meminta Dinas Pendidikan setempat untuk mulai mendata siswa berprestasi di daerah itu agar bisa diberikan beasiswa pada tahun anggaran 2019 mendatang.

Ketua Fraksi Hanura,Hasbi Mustafa yang ditemui usai melakukan rapat dengar pendapat di Kolaka, Selasa, mengatakan, saat ini pihaknya masih sulit memiliki data potensi siswa yang memang layak mendapatkan beasiswa dari pemerintah daerah.
  
"Langkah ini kita lakukan dalam rangka memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi dan sebagai wujud kepedulian Pemkab Kolaka," katanya.
   
Menurutnya banyak siswa yang berprestasi dan memiliki kemampuan di atas rata-rata hanya saja tidak ditunjang dengan ekonomi keluarga sehingga tidak mampu melangkah ke pendidikan tinggi.
  
Hasbi juga menjelaskan dalam pembahasan APBD tahun anggaran 2019 mendatang sudah harus memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi dengan kriteria keluarga tidak mampu.
  
" ini yang akan menjadi perhatian kita semua untuk itu tugas diknas melakukan pendataan sehingga bantuan beasiswa nanti bisa tepat sasaran," ungkap Hasbi.
   
Badan anggaran Pemkab Kolaka kata dia harus lebih memberikan prioritas beasiswa ini dalam penyusunan dokumen anggaran APBD 2019 mendatang dan dimasukkan dalam pembahasan KUA-PPAS.

 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024