Kendari (Antaranews Sultra) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menyebutkan telah terjadi gempabumi tektonik berkekuatan 2,1 SR yang mengguncang wilayah Ranomeeto Kabupaten Konawe Selatan, Sultra, Senin.

"Hasil analisis BMKG menunjukan bahwa gempa berkekuatan 2.1 SR terjadi pada pukul 16:20:18 Wita dengan episenter 4,18  LS – 122,47 BT sekitar 29,5 KM arah Barat Daya Kendari–Sulawesi Tenggara dengan kedalaman 5 kilometer," kata Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, di Kendari.

Ia mengatakan, berdasarkan laporan masyarakat menunjukan bahwa dampak gempabumi berupa goncangan sedang dirasakan di wilayah Ranomeetoo, Pasar Baruga dan Lanud HLO–Konawe Selatan dalam skala intensitas II MMI.

"Di daerah ini goncangan gempabumi dilaporkan dirasakan oleh sebagian orang," katanya.
     
Hasil koordinasi kata Rosa, hingga saat laporan ini dibuat belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.
     
"Terkait dengan peristiwa gempabumi di Konawe Selatan(SULTRA), hingga laporan ini disusun pada pukul 16:56 WITA, telah terjadi aktivitas gempabumi susulan sebanyak 3 kali. Masyarakat dihimbau agar tetap tenang," katanya.
     
Ditinjau dari kedalamannya kata Rosa, gempabumi ini merupakan gempa dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari  di wilayah Barat Daya Kendari, Sulawesi Tenggara.
 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024