Kendari (Antaranews Sultra) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Brigjen Pol Iriyanto, mengatakan mahasiswa bhayangkara (Mahabhara) yang baru mengikuti latihan dasar kepolisian merupakan mitra kepolisian dalam menciotakan situasi kemananan di kampus.
     
"Latihan dasar kepolisian kepada mahasiswa ini sebagai upaya menanamkan jiwa kepolisian untuk membantu kepolisian membangun dan mengembangkan kemitraan serta komunikasi yang efektif dan intensif dalam mewujudkan situasi keamanan di kampus maupun di tengah-tengah masyarakat nantinya," kata Iriyanto, usai upacara penutupan LDK Mahabhara di Mapolda Sultra, Senin.
       
Sebanyak 60 orang mahasiswa telah mengikuti Latihan Dasar Kepolisian (LDK) selama tujuh hari di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Sultra, sejak 16 Oktober hingga 22 Oktober 2018.
     
Mahasiswa yang mengikuti latihan dasar tersebut berasal dari tiga Universitas yakni Universitas Halu Oleo (UHO), Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), serta Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari.
     
Iriyanto mengatakan, latihan dasar kepolisian kepada mahasiswa tersebut adalah terobosan kreatif dan inovatif dari Polda Sultra dalam menggalang kemitraan dengan civitas akademika khususnya para mahasiswa sehingga ilmu yang diperoleh bisa diaplikasikan di lingkungan kampusnya.
     
"Generasi muda merupakan potensi bangsa, karena di pundak mereka bangsa ini dapat lebih maju, maka pemuda harus dibekali dengan pola pemikiran dan keterampilan yang positif," katanya.
     
Selama pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepolisian ini, kata Kapolda, para mahasiswa telah dibekali dengan 5 fungsi kepolisian diantaranya fungsi lantas, sabhara, binmas, reserse, dan fungsi intel.
     
Ia berharap kepada para mahasiswa setelah kembali ke kampus masing-masing dapat membangun dan mengembangkan kemitraan serta dapat bersama-sama bersinergi dengan Polda sultra guna mewujudkan kamtibmas di lingkungan kampus maupun di tengah-tengah masyarakat.
     
"Serta mampu mengidentifikasikan permasalahan keamanan untuk menemukan solusi dan pencegahannya guna mewujudkan situasi yang kondusif di lingkungan kampus maupun masyarakat," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024