Kendari  (Antaranews Sultra) - Jadwal pelantikan bupati Konawe dan wali kota Baubau, Sulawesi Tenggara, setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dan Lukman Abunawas masih menunggu surat keputusan (SK) dari pemerintah pusat.

"Seharusnya saat ini sudah ada penjadwalan pelantikan Wali Kota Baubau dan Wakil Wali Kota AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse (Tampil Manis) serta Bupati Konawe dan Wakil Bupati Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan Sabara, namun sampai saat ini belum ada jadwal pasti terkait pelantikan tersebut," kata salah satu tokoh masyarakat Konawe, Akbar, di Kendari, Sabtu.

Belum adanya jadwal pelantikan dua pasangan bupati dan wali kota itu, juga dibenarkan Kabag Otonomi Daerah Biro Pemerintahan Setda Sultra Tomi Indra Sikiadi.

Menurut Tomi, hingga saat ini belum ada informasi apalagi surat yang diterima terkait pelantikan dua dari tiga daerah kabupaten/kota yang melakukan Pilkada Serental Juli 2017 lalu. Sedangkan Kabupaten Kolaka sendiri rencana pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih Ahmad Safei-Muhammad Jayadin baru akan berakhir masa jabatan pada Januari 2019.

"Kami masih menunggu petunjuk dari Kemendagri, karena surat keputusan pengangkatan bupati Konawe dan wakil bupati serta wali kota Baubau dan wakilnya masih berproses di Kemendagri," ujar Tomi Indra.

Ia menegaskan, pelantikan tersebut akan dijadwalkan apabila sudah ada petunjuk dari Kemendari agar disampaikan ke Gubernur Sultra.

"Tentu setelah ada surat dari pusat, akan disampaikan ke pimpinan dalam hal ini Gubernur Sultra untuk penetapan jadwal pelantikan," katanya pula.

Pilkada Serentak 2017 di Sultra diikuti empat kabupaten/kota dan gubernur yakni pemilihan gubernur Sultra diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni pasangan nomor urut satu?Ali Mazi-Lukman Abunawas, pasangan nomor urut dua Asrun-Hugua, dan pasangan urut tiga Rusda Mahmud-Safei Kahar yang dimenangkan pasangan Ali Mazi-Lukman Abunawas.

Sedangkan tiga kabupaten/kota yang melakukan pilkada serentak adalah Kota Baubau yang diikuti lima pasangan calon wali kota dan wakil wali kota dan dimenangkan pasangan petahana AS Tamrin-La Ode Moniansa, Kabupaten Konawe diikuti empat pasangan juga dimenangkan petahana Kery Saiful Konggoasa-Gusli Topan, dan Kabupaten Kolaka diikuti dua pasangan juga dimenangkan pasangan petahana Ahmad Safei-Muhammad Jayadin.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024