Kendari (Antaranews Sultra) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi, tiba di Bumi Anoa, Selasa, dan disambut secara adat dan selanjutnya diarak ratusan kendaraan menuju rumah jabatan (Rujab) gubernur Sultra.

Ali Mazi tiba di Bandara Lanud Haluoleo Kendari sekitar pukul 13.10 wita menggunakan pesawat pribadi petinggi Partai Nasdem yang merupakan Gubernur NTT terpilih yang dilantik bersamaan Ali Mazi oleh Presiden Jokowi pada Rabu (5/9).

Ali Mazi terlihat keluar dari pesawat jet tersebut menggunakan uniform putih, pakaian serupa yang digunakanya saat pelantikan di Istana Negara.

Saat menginjakan kaki di tanah yang dilapisi dengan karpet merah, Ali Mazi disambut oleh Wagub Sultra, Lukman Abunawas dan istri Ali Mazi yakni Agista Aryani yang sudah tiba lehih dahulu di Sultra serta jajaran unsur Forkopimda yakni Kapolda Sultra, Kabinda Sultra, Danlanal Kendari dan Danlanud Haluoleo.

Terlebih dahulu dilakukan pengalungan bunga dan kain adat, lalu disambut dengan tarian adat, setelah itu Ali Mazi menyalami para tokoh adat dari berbagai etnis dan kerajaan di Sultra seperti Muna, Buton, Tolaki dan Moronene.

Para pendukung dan warga rela berdesakan dan berebutan untuk berjabat tangan dengan Ali Mazi meskipun di bawah terik mentari yang menyengat kulit.

Usai dilanjutkan prosesi penjemputan adat tolaki, selanjutnya Ali Mazi bersama dengan Lukman Abunawas di arak menggunakan mobil sunroof, Jeep Millys Rubbicon menuju rumah jabatan Gubernur Sultra.

Kepala?Dinas Kominfo Sultra, Kusnadi, mengaku rute konvoi berubah yang awalnya mengelilingi beberapa sudut kota Kendari sebelum berakhir di Rujab.

"Berubah rute arak-arakan, dari Bandara langsung menuju Rujab Gub," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024