Baubau (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, telah menyiapkan 74 ekor sapi untuk pelaksanaan qurban pada Lebaran Idul Adha 1439 Hijriah/2018 Masehi.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Pemkot Baubau, Ny Asmahani di Baubau, Selasa, mengatakan, 74 hewan qurban tersebut merupakan akumulasi secara keseluruhan dari Setda Pemkot Baubau, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan beberapa Kepala Sekolah.

"Sebenarnya jumlah hewan qurban pada tahun sebelumnya tidak berbeda jauh dengan tahun ini, hanya saja di tahun ini ada gebrakan baru sehingga lebih terakumulasi," ujarnya.

Menurutnya, jumlah hewan qurban tersebut meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya delapan ekor.

"Alhamdulillah hampir semua SKPD berkurban termasuk camat dan kepala kepala sekolah. Kini hewan qurban tersebut sudah dikarantina, tinggal menunggu jadwal penyembelihan di hari Idul Adha dan sehari setelah lebaran haji," katanya.

Baca juga: Persediaan sembako di Baubau memadai

Kata dia, hewan qurban yang terdaftar melalui Bagian Kesra tersebut selanjutnya akan diserahkan ke Kantor Kementerian Agama selaku teknis yang membidangi hal-hal yang berkaitan dengan keagamaan.

Terkait peruntukan daging kurban, lanjut dia, tergantung dari masing-masing pihak yang berkurban mau dikemanakan, pihaknya tidak punya kewenangan untuk mengatur OPD terkait peruntukannya ke mana.

"Kita hanya bertugas untuk mengetahui hewan kurban jumlahnya berapa," imbuhnya.

(T.A056/B/I006/C/I006) 21-08-2018 13:36:25

Pewarta : Yusran
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024