Kendari  (Antaranews Sultra) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengapresiasi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) tahun 2018 yang merupakan rangkaian kegiatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Hadir Untuk Negeri di daerah itu.

Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sultra, Andi Makkawaru, usai menutup kegiatan SMN di Lanud Haluoleo Kendari, Minggu, mengatakan SMN membuka wawasan baru bagi siswa-siswa baik delegasi Sultra yang ke Jawa Barat maupun sebaliknya delegasi Jawa Barat yang ke Sultra.

"Ini kegiatan cerdas dan brilian dari BUMN yang menunjukan kepedulian terhadap generasi bangsa untuk lebih mengenal luas potensi sumber daya alam dan budaya Indonesia," katanya.

Ia berharap kegiatan ini terus ditingkatkan kapasitas dan kualitasnya sehingga menjadi media bagi para siswa se Indoensia untuk lebih memahami arti dari kebhinekaan dan keragaman.

"Tidak hanya beragam, budaya, suku dan agama, tetapi juga potensi sumber daya alam yang dimiliki atau dikandung setiap daerah harus diketahui oleh siswa-siswi karena mereka akan menjadi generasi pelanjut," katanya.

Ia mengucapkan kepada PT Inalum dan PT Antam yang telah menjadi pelaksana kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di Sultra sehingga menambah pengetahuan para siswa akan potensi keragaman budaya Sultra dan potensi SDA Sultra.?

"Bagi peserta SMN asal Sultra yang baru saja menimba pengalaman selama berada di Jabar tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri dan menjadi bahan perbandingan tentang keragaman budaya di Sultra dan di Jabar sehingga akan lebih memahami arti penting dari Bhineka Tunggal Ika," katanya.

 

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024