Baubau (Antaranews Sultra) - Penjabat Wali Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Hado Hasina berharap pemuda memaknai perjuangan para pahlawan dengan kegiatan positif.

"Sebagai generasi bangsa, kita harus terus memberikan usaha-usaha dan partisipasi yang positif dalam membangun bangsa yang kita cintai ini," ujar Hado, usai pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di Baubau, Jumat.

Menurut dia, kemerdekaan yang dialami bangsa Indonesia saat ini harus dapat dipahami bahwa usaha para pahlawan tidak mudah, tetapi dengan kegigihan dan semangat sehingga hari ini bangsa bisa merasakan kemerdekaan itu.

Dalam prosesi pengibaran bendera merah putih yang digelar di Lapangan Lembah Hijau bertindak sebagai inspektur upacara penjabat Wali Kota Baubau, Hado Hasina, komandan upacara Kapten Inf Harlin, dan perwira upacara AKP Bagio.

Hadir dalam pelaksanaan upacara, diantaranya Forkopimda Baubau, Wakil Wali Kota Baubau terpilih, La Ode Ahmad Monianse, para veteran, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh wanita dan tokoh adat.

Baca juga: Wali Kota Baubau serahkan Satya Lencana

Dalam detik-detik proklamasi tersebut selain dibunyikan sirine sebagai tanda mengenang detik-detik proklamasi, juga menyanyikan lagu-lagu aubade kemerdekaan.

Selain itu, dalam pelaksanaan upacara tersebut penjabat Wali Kota Baubau menyerahan piagam penghargaan satya lencana karya satya secara simbolis kepada 204 orang ASN yang telah mengabdi di atas 10 tahun.

(T.A056/C/S031/C/S031) 17-08-2018 14:49:56

Pewarta : Yusran
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024