Kendari (Antaranews Sultra) - Peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) menyarankan pengelola Rumah Kreatif Kendari?proaktif menggalang pelaku usaha atau industri? kecil menengah untuk menghasilkan karya-karya bernilai ekonomi.

"Sarana kantor Rumah Kreatif Kendari sudah memadai sehingga diharapkan meningkatkan semangat pengelola dengan membangun jaringan bisnis ekonomi kalangan menengah kecil," kata Nita, siswa SMA 1 Sumedang, Jawa Barat, di sela-sela kunjungan ke Rumah Kreatif Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa.

Daerah ini, menurut Nita, memiliki potensi perekonomian yang menjanjikan namun membutuhkan tangan kreativitas untuk mendorong pelaku ekonomi sekitarnya aktif berkarya.

Modal tidak menjadi kendala serius untuk mengembangkan usaha karena BUMN perbankan, yakni BRI memberi dukungan hingga berkantor di? gedung ini, kata Nita.

Siswi SMKN 1 Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Nadia Jihan mengimbau pengelola Rumah Kreatif Kendari meningkatkan promosi dan pemasaran ke seluruh Nusantara.

"Produktivitas dengan pemasaran harus berbanding lurus sehingga saling menguatkan. Produksi tanpa pemasaran akan melemahkan semangat permodalan. Mestinya karya dari Rumah Kreatif Kendari dikenal dan dicari pelanggan atau konsumen dari luar daerah Sultra," kata Nadia.

 Staf Rumah Kreatif Kendari Marwan mengatakan karya-karya produksi perlu ditingkatkan sehingga peminat memiliki alternatif pilihan berbelanja.

"Promosi masih terbatas karena disesuaikan dengan karya industri yang dihasilkan. Mudah-mudahan ke depan lebih produktif untuk mendorong perekonomian masyarakat sekitar," katanya.



 

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024