Kolaka (Antaranews Sultra) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, menetapkan pasangan Ahmad Safei - Muhammad Jayadin (SMS- Berjaya) sebagai pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kolaka 2018 di gedung Islamic Center, Senin.

Dalam rapat pleno penetapan yang dipimpin ketua KPU Kolaka Nur Ali itu hanya dihadiri wakil bupati terpilih Muhammad Jayadin beserta parpol pendukung, sedangkan bupati terpilih Ahmad Safei masih berada di luar daerah.

Ketua KPU Kolaka Nur Ali mengatakan penetapan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih ini dilakukan sesuai aturan setelah gugatan Pilkada Kolaka oleh pasangan Asmani Arif - Syahrul Beddu sudah mendapatkan keputusan dari MK.

"Kita tetapkan Ahmad Safei-Muhammad Jayadin sebagai bupati dan wakil bupati terpilih periode 2019-2024 setelah MK menolak gugatan dari pasangan Asmani Arif-Syahrul Beddu, " katanya.

Usai penetapan ini kata Nur Ali pihaknya menunggu waktu untuk menjadwalkan pelantikan yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019 oleh Mendagri.

Dalam keputusan itu, KPU Kolaka menetapkan SMS Berjaya sebagai pemenang Pilkada Kolaka dengan suara sah 72.987 atau 62,84 persen, sementara pasangan Asmani Arif - Syahrul Beddu hanya memperoleh suara sah 43.161 atau 37,16 persen.
 

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024