Kendari (Antaranews Sultra) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Gefisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara memperingatkan secara dini para nelayan dan pengguna jasa angkutan laut untuk tetap waspada dengan gelombang laut yang mencapai ketinggian antara satu meter hingga 2,5 meter.

Petugas BMKG Kendari, Adi Istiyono melalui pesan whatsApp yang diterima, Jumat mengatakan, peringatan dini tinggi gelombang tersebut akan terjadi di sejumlah wilayah perairan di Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

"Wilayah perairan laut yang gelombangnya mencapai 2,5 meter itu berpotensi pada perairan laut Baubau, Wakatobi, Peraian Menui Buton Utara, Laut banda Timur (Sultra). Sementara di wilayah Sulteng berpotensi terjadi di perairan teluk Tolo, perairan kepulauan Banggai, dan perairan kepulauan Sula," ujarnya.

Sementara menyangkut prakiraan cuaca hari ini hingga besok, pada pagi hari umumnya Wilayah Sultra berawan kecuali Kolaka Utara berpotensi hujan ringan.

Pada siang hingga malam hari juga masih tetap berawan kecuali di Kolaka Utara juga berpotensi hujan ringan dan angin kencang.

Suhu udara antara 23 - 31 derajat celsius dengan kelembabab udaya antara 65 - 95 persen dengan kecepatan angin bertiup dari tenggara ke barat daya per 2 -50 kilometer per jam.

Hingga berita ini dirilis, situasi kota Kendari dan beberapa kabupaten yang berbatasan dengan ibu kota Provinsi Sultra, masih tampak cerah berawan dan sebagai wilayah timur dan barat sudah nampak awan tebal yang dimungkinkan pada sore nanti akan alami hujan ringan.

(T.A056/C/I006/C/I006) 13-07-2018 10:00:32

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024