Kendari (Antaranews Sultra) - Pengunjung pameran Hallo Sultra 2018 dalam eangka peringatan hari ulang tahun ke-54 berminat membeli gelang yang terbuat dari bahan baku akar bahar.

Pantauan di Kendari, Jumat, menyebutkan bahwa selain gelang akar bahar juga pengunjung tergiur dengan gelang dan cincin yang terbuat dari sisik penyu.

"Gelang dari akar bahar unik model dan warnanya yang tidak bisa direkayasa sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya," Santi Mahmud (31).

Selain model dan motifnya yang unik juga gelang dari bahan baku akar bahar mempunyai khasiat kesehatan bagi yang memakainya.

"Melalui penelitian dan uji laboratorium bahwa akar bahar dapat memperlancar peredaran darah, mencegah tekanan darah tinggi, menambah daya tahan fisik seseorang dan mencegah gejala ginjal," kata Ijali Hakim (33), pengecer gelar akar bahan di stan pameran Halo Sultra 2018.

Harga penjualan gelang akar bahar dan gelang serta cincin dari bahan baku sisik penyu bervariasi antara Rp20.000 hingga Rp100.000.

Humas Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra Prihadi mengatakan akar bahar adalah tumbuhan laut yang dilindungi sama dengan penyu sebagai satwa yamg dilindungi.

"Karena sebagai tumbuhan dan satwa yang dilindungi maka diimbau hentikan eksploitasi. Bagi siapa pun yang melakukan perburuan akan ditindak tegas sesuai ketentuan yang berlaku atau dapat dipidana," katanya.

Pewarta : Sarjono
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024