Kendari  (Antaranews Sultra) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), mengimbau seluruh pemerintah kabupaten dan kota agar mendorong atau mengembangkan cabang olahraga unggulan di daerahnya masing-masing.

Kepala Dispora Sultra, Jaya Bakti, di Kendari, Minggu, mengatakan pemerintah kabupaten dan kota se-Sultra harus menumbuhkan dan mencari olahraga unggulan di daerahnya masing-masing untuk dikembangkan.

"Olahraga yang menjadi unggulan di Sultra secara keseluruhan seperti dayung, kareate, silat, sepak takraw, dan bulutangkis. Seperti itu contohnya yang harus didorong," katanya.

Dengan ikut sertanya Pemda dalam hal ini kata dia, maka akan tumbuh bakal calon-calon atlet yang bisa mengharumkan daerah Sultra dan nasional secara umum.

"Sehingga saya tantang mereka, kalau daerah mampu silahkan rekomendasikan ke Dispora provinsi untuk persiapan Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) nanti pada bulan Juli 2018 mendatang," katanya.

Menurutnya, dengan kompetisi itu pihaknya bisa tahu bahwa ada unggulan kabupaten kota yang terpendam.

"Saya mau lihat evaluasi yang sementara kami lakukan di Dispora sekarang, nanti di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dayung tingkat pelajar yang digelar di bulan September 2018 mendatang, di Kota Baubau, disitulah menjadi ukuran apa yang telah kita perbuat selama ini," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024