Kolaka (Antaranews Sultra) - Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tenggara menggelar pelatihan kepada ratusan masyarakat yang tergabung dalam pelaku usaha wisata di Kabupaten Kolaka.

Ketua panitia kegiatan yang juga Kepala Seksi Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata Provinsi Sultra Feri di Kolaka, Senin, mengatakan pelaku usaha wisata yang diberikan pelatihan dan sosialisasi berasal dari empat kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara.

"Kolaka merupakan salah satu daerah wisata dan menjadi tuan rumah kegiatan ini selain Kolaka Utara, Bombana, dan Kolaka Timur sebagai peserta," katanya.

Dinas Pariwisata Sultra, kata Feri, melakukan sosialisasi yang bertema pembudayaan kepariwisataan bagi pelaku wisata di daerah Sulawesi Tenggara itu sebagai program rutin pemprov.

Pelaku usaha wisata, kata dia, mendapatkan pelatihan dan pelajaran antara lain tentang pelayanan prima kepada wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, sehingga mampu memperkerkenalkan lokasi wisata yang dikunjungi.

"Semua elemen pelaku edukasi wisata diberikan dalam pelatihan ini di antaranya wisata kuliner, pantai, wisata religi, serta perhotelan," ungkap Feri.

Pemateri dalam kegiatan itu, kata dia, sudah memiliki sertifikat di bidang pariwisata. Mereka akan memberikan pemahaman mengenai pengembangan dunia pariwisata yang ada di daerah masing-masing.

Baca juga: Pemkab kolaka promosi pariwisata lewat media sosial

Pelaksanaan sosialisasi di salah satu hotel itu dibuka oleh Pelaksana Tugas Bupati Kolaka Masmuddin yang didampingi Sekda Poitu Murtopo, serta kepala Dinas Pariwisata di empat kabupaten.

"Setiap kabupaten menghadirkan 30 orang sebagai pelaku usaha wisata di empat kabupaten," ujar Feri.


(T.KR-DWS/B/M029/M029) 26-03-2018 08:32:22

Pewarta : Darwis Sarkini
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024