Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mengusulkan penambahan kuota kelompok usaha bersama (KUBE) untuk masyarakat pesisir 2018.

Kepala Dinas Sosial Sultra Armunanto di Kendari, Senin, mengatakan seluruh daerah pesisir diusulkan memperoleh KUBE pesisir karena sangat dibutuhkan, khusus yang bermata pencaharian sebagai nelayan.

"Dari 17 kabupaten/kota di Sultra hanya Kabupaten Kolaka Timur yang tidak termasuk klaim daerah pesisir sehingga diharapkan tahun 2018 mendapat porsi yang signifikan," kata Armunanto.

Tahun 2017, kata dia, Kementrian Sosial mengucurkan modal usaha melalui KUBE yang menyasar 1000 kepala keluarga warga pesisir untuk Kabupaten Muna Barat dan Buton Selatan.

"Tahun ini kami sudah usulkan ke pemerintah pusat. Jumlah calon penerima manfaat bertambah dan prediksi alokasi anggaran pun meningkat dibandingkan tahun lalu sebesar Rp2 miliar," katanya.

Penetapan daerah penerima KUBE pesisir sepenuhnya menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial yang mengunjungi daerah calon penerima stimulus.

"Tahun 2017 pemerintah daerah tidak hanya mengusulkan Kabupaten Muna Barat dan Buton Selatan tetapi seluruh kabupaten yang masuk kategori wilayah pesisir," katanya.

Namun, akhirnya Kementrian Sosial menetapkan Muna Barat dan Buton Selatan dengan penuh pertimbangan sehingga diharapkan tahun ini daerah lain kebagian giliran.

Besaran bantuan usaha Rp20 juta per KUBE diharapkan menjadi motivasi anggota kelompok untuk meningkatkan semangat dalam berusaha hingga mencapai kemandirian. 

Pewarta : Sarjono
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024