Baubau (Antaranews Sultrs) - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara memastikan terminal Lakologou Kecamatan Bungi akan lebih diaktifkan dengan cara membuka akses jalan dipinggir laut pantai Waramsio Kokalukuna.

"Sekarang (jalan-red) itu dibagian air jatuh tirta rimba sudah disambung kebawah dipinggir pantai kokalukuna. Sehingga nanti semua akses yang keluar kota lewat jalan bawah itu," ujar Penjabat Wali kota Baubau, Dr Hado Hasina, usai menghadiri pelantikan pengurus daerah KKSS Baubau,di Baubau, Sabtu.

Hal itu, kata dia, agar terminal yang sudah lama dibangun dipinggir pantai itu akan aktif dengan sendirinya karena aktivitas manusia melewati jalur itu.

"Hanya tinggal memperbaiki jalannya. Tapi saya sudah minta juga diprovinsi untuk menangani pemeliharaan jalannya," ujarnya, seraya menyebutkan, itulah saya sebut dengan manajemen rekayasa lalulintas," katanya.

Terkait lahan masyarakat, Hado menyebutkan bukan ganti rugi tetapi ganti untung, bahwa masyarakat itu tidak akan paksakan untuk pindah kalau mereka nyaman pindah ditempat lain harus disiapkan lokasi yang lebih bagus.

"Kewajiban pemerintah memberikan ganti untung. Tapi itu tidak selalu dibayar. Buktinya di Waramusio tidak dibayar hanya ditukar," katanya.

Dia juga mengatakan, pembangunan jalan baru dipinggir pantai tersebut akan dikerjakan secara bertahap sesuai kemampuan keuangan daerah.

"Walaupun ada orang bilang mustahil tapi kalau kita jalan dan banyak teman insya allah bisa. Buktinya ada teman saya di provinsi untuk menangani," ujar Hado yang juga Kepala Dinas Perhubungan Sultra ini.

Pewarta : Abdul Azis Senong
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024