Kendari (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, mengembangkan sektor kelautan dan perikanan sebagai sektor andalan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, di Kendari, Sabtu, mengatakan bahwa setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus punya target dan sasaran yang akan dicapai khususnya Sektor kelautan dan perikanan.

"Sektor perikanan dan kelautan ini adalah salah satu sumber unggulan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia mengaku, para petani dan nelayan masih banyak yang miskin padahal mereka tinggal di kawasan yang berpotensi mensejahterakan, sehingga itulah yang menjadi fokus untuk mencari akar masalahnya.

"Saya juga mengharapakan petani dan nelayan kita tidak bekerja seperti pengumpul rotan yaitu minta panjar dulu baru bekerja, ketika hasilnya kurang maka muncul permasalahan, pola ini juga yang menjadi salah satu sebab belum sejahteranya para petani dan nelayan kita," katanya.

Surunuddin juga mengatakan pemerintah fokus untuk membenahi persoalan perikanan melalui Dinas Perikanan dan Kelautan yaitu terkait dengan kelompok nelayan agar betul betul eksis dan bekerja.

"Saya ingin mengajak para penyuluh untuk membenahi diri dan kelompok kelompok budi daya perikanan dari sisi SDM-nya dan juga bagaimana meningkatkan kualitas hasil perikanan," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024