Kolaka (Antaranews Sultra) - Dinas Perkebunan dan Peternakan Pemerintah Kabupaten Kolaka akan bekerja sama dengan para peternak di wilayah Toari untuk mengembangkan ternak sapi guna meningkatkan kesejahteraan mereka.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Perkebunan dan Peternakan Pemkab Kolaka Ansar di Kolaka, Rabu, mengatakan pihaknya berupaya fokus mengembangkan ternak sapi di wilayah bagian selatan Kolaka itu dengan mengajak masyarakat peternak.

 "Kita harus fokus mengembangkan hewan ternak sapi dengan melibatkan masyarakat," kata dia.

  Dia mengatakan hasil ternak sapi bantuan pemerintah pusat yang sudah dikembangkan itu, nantinya dibagikan kepada kelompok peternak lainnya yang ada di Kabupaten Kolaka.

Petunjuk teknis dalam melakukan penyebaran bantuan ternak sapi kepada masyarakat itu, kata Ansar, sesuai dengan arahan dari pemerintah pusat dengan membentuk unit pelaksana teknis daerah (UPTD).

"Kalau di pusat ada UPT sehingga di daerah yang akan mengelola bantuan itu ada UPTD," kata dia.

Untuk mencapai tujuan program itu, lanjut dia, diserahkan kepada pemerintah daerah dalam mengembangkan ternak, khususnya sapi, di wilayah bagian selatan sebagai tempat pengembangbiakan.

Apalagi, kata dia, pihak pemerintah sudah menyiapkan lahan seluas 100 hektare untuk program pengembangbiakan ternak sapi bantuan dari pemerintah pusat itu.

Pewarta : Darwis Sarkini
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024