Kendari (Antaranews Sultra) - General Manager Pelindo IV Cabang Kendari, Muhammad Irfan, mengatakan pembangunan dermaga pelabuhan Kendari Newport di Pulau Bungkutoko Kendari berjalan lancar.

"Proses pekerjaan mulai dari pangangkutan material hingga pembangunan fisik dermaga sampai saat ini berjalan lancar," kata Irfan di Kendari, Sabtu.

Ia mengatakan, pekerjaan dermaga pelabuhan sudah mencapai 90 persen, sementara pbangunan tahap selanjutnya sudah mulai jalan yakni reklamasi untuk terminal kontainer.

Disebutkan, pembamgunan pelabuhan tersebut dibagi tiga tahap yakni tahap pertama dengan anggaran sekitar Rp200 miliar lebih untuk pemancangan dan dermaga.

"Tahap dua adalah reklamasi atau pembangunan lapangan termasuk pembangunan perkantoran dengan anggaran Rp300 miliar lebih dan tahap tiga adalah pembanguan dan pengadaan peralatan dnegan angaran sekitar Rp300 miliar lebih," katanya.

Tahap pertama ini kata Irfan, ditargetkan 1,5 tahun selesai, tetapi sambil menunggu tahap satu tuntas maka sudah bisa dikerjakan tahap berikutnya, karena setiap tahap akan dikerjakan oleh kontraktor berbeda hasil lelang.

PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) menyiapkan anggaran sebesar Rp936 miliar untuk membangun Pelabuhan Bungkutoko di Kendari yang sering disebut Kendari Newport.

"Anggaran sebesar itu terdiri atas Rp635 miliar dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN) dan dana internal perusahaan sebesar Rp301 miliar," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024