Andoolo (Antaranews Sultra) - Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra), terus melakukan pembenahan dan peningkatakn kualitas layanan kependudukan berbasis Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

"Salah satu upaya kita memaksimalkan layanan itu adalah membangun gedung pelayanan administrasi kependudukan yang berbasis SIAK," kata Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, saat meresmikan gedung layanan SIAK, di Anddolo, Rabu.

Ia menegaskan, gedung tersebut merupakan salah satu pendukung dalam rangka memberikan pelayanan prima serta menciptakan tertib administrasi kependudukan bagi masyarakat.

"Saya juga ingatkan masyarakat, agar menghindari calo dalam pengurusan data kependudukan. Silakan mengurus sendiri data kependudukannya seperti KTP, KK dan Akta karena pemerintah melalui dinas terkait," katanya.

Menurut dia, Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan telah memberikan kemudahan dalam proses penerbitan data kependudukan.

"Tidak perlu menunggu lama, jika hari ini diurus dan terpenuhi kelengkapan administrasi maka hari itu juga bisa menerima hasilnya," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan dengan baik fasilitas yang diberikan pemerintah, karena fasilitas itu untuk masyarakat bukan untuk pegawai.

"Saya juga ingatkan pentingnya data kependudukan seperti KTP, sangat penting karena semua sektor membutuhkan KTP, kemudian terintegrasi dengan program-program pemerintah seperti PKH, BPJS dan lain lain," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : M Sharif Santiago
Copyright © ANTARA 2024