Kendari (Antaranews Sultra) - Direktur Shabara Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), Kombes Pol Budi Waseno, menyatakan rangkaian pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 berlangsung kondusif dan damai.

"Proses pendaftaran pasangan calon di KPU masing-masing yang menggelar Pilkada sudah selesai, semua berjalan kondusif," kata Budi yang juga menjabat sebagai Kepala Opsda Mantap Praja, didampingi Kepala Bidang Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto, dan Kapolres Kendari AKBP Jemi Junaedi, di Kendari, Kamis.

Ia mengatakan, terdapat empat KPU tempat pendaftaran pasangan calon yakni KPU Sultra, KPU Konawe, KPU Kolaka dan KPU Baubau.

"Berdasarkan data dari lapangan bahwa sejak awal proses pendaftaran Paslon kepala daerah di KPU masing-masing, pemeriksaan kesehatan, dan tes urine berlangsung kondusif baik," katanya.

Ia mengatakan, pergereseran personel untuk pengamanan selanjutnya akan difokuskan ke tahap tes psikologi yang pelaksanaanya di Hotel Clarion Kendari pada 14 Januari.

"Kami siapkan personel untuk tahapan tes psikologi nanti berjumlah 50 orang. Namun hal tersebut dikondisikan, jika terjadinya peningkatan mobilisasi massa, kemungkinan akan ada penambahan personil," katanya.

Jika seluruh tahapan telah selesai dan penetapan pasangan calon katanya, Polda Sultra telah menyiapkan pengawalan khusus terhadap setiap Paslon yang berjumlah dua orang.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024