Kendari,  (Antaranews Sultra) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara, Hidayatullah, mengatakan pihaknya telah menetapkan RSUD Bahteramas Sultra sebagai satu-satunya tempat pemeriksaan kesehatan pasangan calon (paslon) kepala daerah yang akan mengikuti pilkada di daerah itu.

"Kita putuskan bahwa hanya ada satu rumah sakit tipe B di Sultra untuk pemeriksaan kesehatan calon kepala daerah yakni RSUD Bahteramas Sultra atas rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI)," kata Hidayatullah di Kendari, Jumat.

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan pasangan calon atau calon kepala daerah dilakukan setelah pasangan calon mendaftar di KPU dan dinyatakan lengkap administrasi.

"Hari itu mendaftar dan dinyatakan lengkap administrasi maka kami arahkan langsung melakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan kesehatan ini akan dimulai pada 8 hingga 15 Januari mendatang," katanya.

Dikatakan, pasangan calon kepala daerah yang dimaksud bukan hanya untuk calon gubernur, tetapi juga calon bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota.

Terdapat empat pilkada di Sultra 2018 yakni pemilihan Gubernur SUltra, pemilihan Bupati Konawe, Pemilihan Bupati Kolaka dan pemilihan Wali Kota Baubau.

"Intinya hanya satu rumah sakit tempat pemeriksaan kesehatan, sehingga calon kepala daerah Kolaka, Konawe dan Baubau juga lakukan pemeriksaan kesehatan diRSUD Bahteramas Sultra," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024