Kendari (Antaranews Sultra) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa, melaksanakan anjangsana ke sejumlah pondok pesantren (ponpes) di Kota Kendari dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72 tahun 2018.

Pondok pesantren yang menjadi sasaran anjangsana tersebut adalah Pondok Pensantren El Luubab di Kelurahan Wawombalata Kecamatan Mandonga dan Pondok Pesantren Ummul Qurra` Kelurahan Kendari Caddi Kecamatan Kendari.

Dalam kegiatan anjangsana tersebut dilakukan pula penyerahan sembako kepada pimpinan Ponpes di antaranya beras, telur, mie instan, gula, minyak, dan berbagai jenis sembako lainnya.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan hari amal bakti, sehingga kami melakukan silaturahmi sebagai bentuk kepedulian kepada sesama dan bagian dalam darma kita ikhlas dalam beramal," kata kepala Kanwil Kemenag SUltra, Abdul Kadir, saat memberikan pengantar di Ponpes El Luubab.

Ia mengapresiasi upaya pengelola Ponpes El Luubab yang berupaya membangun pondok tersebut berada di perbukitan dan tidak membaur dikeramaian penduduk.

"Setelah saya melihat kondisi pondok ini, maka saya berjanji akan memberikan bantuan yang dapat menunjang pengembangan siar Islam di pondok ini," katanya.

Pengasuh Ponpes El Luubab, Usman Al Bashor, mengapresiasi kepedulian Kanwil Kemenag Sultra yang menyempatkan waktu berkunjung dan berbagi dengan ponpes yang baru dibangun sekitar lima tahun di tempat itu.

"Bantuan atau sedekah ikhlas ini tentunya akan membawa manfaat besar bagi kami. Pondok ini resmi berdiri 2011 lalu, awalnya bermarkas di rumah pribadi kami, seiring perkembangan dan doa kami sehingga mendapatkan reski mak bisa membeli lahan di tempat ini sekitar empat hektare," katanya.

Kegiatan angjangsana tersebut dipelopori oleh Pengurus Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Sultra, dalam rombongan turut serta sejuruh pejabat lingkup Kemenag Sultra.

Abdul Kadir mengatakan, selain memberikan bantuan kepada Ponpes, pihaknya juga memberikan bantuan paket sembako kepada non ASN yang ada di lingkup Kemenag Sultra.

Sebelum melakukan kunjungan ke pondok pesantren, jajaran Kanwil Kemenag Sultra yang dipimpin Kakanwil Kemenag melakukan ziarah dan upacara di Taman Makam Pahlawan Watubangga.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024