Kendari, Antara Sultra - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara, Minggu, menggelar jalan santai kerukunan agama dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-72.

Jalan santai yang diikuti ribuan peserta dari keluarga besar Kemenag Sultra yang ada di Kota Kendari itu dimulai dan berakhir di Kantor Kemenag Sultra dengan melalui rute Jalan Abunawas, Jalan Saosao, Jalan Antero Hamra, dan Jalan Ahmad Yani.

Kepala Kemenag Sultra Abdul Kadir mengatakan jalan santai itu merupakan rangkaian akhir kegiatan yang digelar Kemenag Sultra sebelum upacara HAB ke 72 pada 3 Januari mendatang.

"Tema yang diusung adalah bagaimana kita menebarkan kedamaian, salah satu bentuk wujud tebarkan kedamaian adalah rasa cinta terhadap sesama. Wujud nyatanya adalah kebersamaan kita dalam berolahraga, kebersamaan kita dalam perbincangkan apa, menyelesaikan apa, yang paling prinsip bagaimaka kita pautkan hati kita bersama yang lain," kata Abdul Kadir.

Ia mengaku bersyukur karena tingkat kesadaran dan kemauan bersamaumat beragama terlihat dalam jalan santai itu. Semua perwakilan umat beragama, yakni Islam, Hindu, Buddha, Kristen, Katolik, berbaur dalam kegiatan tersebut.

"Saya juga tidak menduga kegiatan hari ini juga diapresiasi pimpinan daerah Sultra, SKPD Sultra, DPRD Sultra, Korem 143 Halu Oleo, akademisi, dan Polda Sultra," katanya.

Jalan santai kerukunan keagamaan tersebut diikuti beberapa pejabat di antaranya Sekda Sultra Lukman Abunawas, Abdul Kadir, Danrem 143/ HO Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, Wakapolda Sultra, Rektor Kalidende Prof Masihu Kamaluddin, Kabid Humas Polda Sulttra AKBP Sunarto, Ketua Komisi IV DPRD Sultra Yaudu Salam Ajo, Sekretaris DPRD Sultra Nasruan.

Kepada peserta jalan santai kerukunan diberikan pula kupon untuk doorprize dengan ratusan hadiah dan hadiah utama salah kulkas, televisi, dan sepeda gunung.

Usai jalan santai kerukunan dilanjutkan dengan lomba Senam Maumere yang diikuti oleh 11 peserta termasuk satu grup peserta dari luar Kota Kendari, yakni dari Kolaka Timur.

Selain itu, ada bazar Kemenag yang dipelopori oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Sultra dan dilanjutkan kegiatan lomba mewarnai gambar yang diikuti 40 anak usia dini se-Kota Kendari.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024