Kolaka,  Antara Sultra - Kabupaten Kolaka kembali menerima penghargaan sebagai salah satu Kabupaten peduli Hak Azasi Manusia (HAM) bersama beberapa daerah lainnya di Sulawesi Tenggara.

Penghargaan peduli HAM itu diserahkan Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly kepada Kepala Bagian Hukum Setda Kolaka Hj. Mineng Nurmaningsih di Jakarta.

"Penghargaan ini yang kedua diterima Kolaka karena pada tahun kalau juga menerima penghargaan serupa," kata Mineng di Kolaka, Selasa.

Menurutnya pada 2016 penghargaan dari Kemenkumham sebagai daerah yang mendukung HAM namun tahun ini predikatnya naik sehingga Kolaka terpilih sebagai daerah peduli HAM.

Dalam penerimaan penghargaan itu kata Mineng dasar penilaian dari Kemenkumham adalah terpenuhinya?hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, hak atas perumahan yang layak, dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

"Kriteria ini yang menjadi dasar dan tolok ukur berdasarkan indikator adalah struktur, proses dan hasil," ungkapnya.

Untuk itu lanjut dia Pemerintah Kabupaten Kolaka bertekad mensejahterakan masyarakat melalui pemenuhan standar pelayanan atas diraihnya penghargaan ini.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024