Kendari, Antara Sultra - Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM Kendari, Syam Alam, mengatakan kemasan produk masih menjadi salah satu kendala dalam pemasaran produk UMKM di daerah itu.

"Untuk itu, masalah kemasan ini akan menjadi perhatian serius kami pada tahun depan untuk membantu UMKM tingkatkan kualitas produk," kata Syam Alam, di Kendari, Sabtu.

Dikatakan, masih banyak pelaku usaha kecil yang menggunakan alat yang tradisional untuk kebutuhan pengepakan dan pengemasan produk sehingga nilai jual produk itu rendah meskipun kuakitasnya bagus.

"Memang masih ada yang pakai hanya bungkusan plastik dan mereknya hanya di fotocopy, ini sebenarnya sudah tidak zamannya lagi pelaku UMKM harus lebih kreatif," jelasnya.

Dalam dunia usaha katanya, kemasan sangat menentukan nilai jual produk karena yang paling pertama dilihat oleh konsumen adalah kemasan produk.

Pemerintah Kendari katanya, tidak hanya mengajarkan tentang cara kemasan akan tetapi melengkapinya dengan cara pemasaran lewat internet.

"Sebagian besar masyarakat terus mengakses facebook setiap hari, ini adalah pasar dan harus dimanfaatkan pemerintah untuk kemajuan UMKM," katanya

Menurut dia, pemasaran lewat internet akan meringankan UMKM dari segi operasional penjualan produk. Pasalnya dengan begitu pelaku usaha tidak perlu membuka atau menyewa ruko untuk memasarkan produk.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024