Kendari, Antara Sultra - Sebanyak 8.247 mahasiswa angkatan 2017 dari berbagai jurusan dan fakultas di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti Pendidikan Karakter Bela Negara.

Rektor UHO, Prof Dr. Zamrun ketika membuka kegiatan tersebut Jumat, mengatakan pendidikan karakter bela negara akan menjadi kegiatan prioritas UHO pada akhir tahun 2017, dan ia berharap bisa menciptakan jiwa yang baru untuk membangun bangsa kedepannya.

"Semoga dalam memasuki tahun 2018 kita semua bisa memberi semangat, dan jiwa yang baru untuk menatap bangsa kita, Universitas Halu Oleo dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelas Prof Zamrun.

Pendidikan karakter bela negara ini merupakan suatu implementasi dari program Nawa Cita yang dilaksanakan atas kerjasama Kemenristekdikti dan Kementerian Pertahanan RI.

Sementata itu ketua panitia, La Ode Santiaji Bande mejelaskan, tujuan pendidikan karakter ini yakni untuk memberikan pembekalan kepada seluruh mahasiswa baru angkatan 2017 agar mereka memahami betapa penting berbangsa dan bernegara sebagai warga negara yang cinta tanah airnya, lingkungan, dan masyarakat.

"Dalam kegiatan ini, kami akan memperkenalkan sistem tata kelola di dalam perguruan tinggi salah satunya mengenai peraturan akdemik agar seluruh mahasiswa dapat memahami kewajiban dan tanggung jawabnya jika mereka melanggar peraturan akademik," kata La Ode Santiaji.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan pendidikan bela negara tersebut, pihak UHO dibantu Tentara Nasional Indonesia (TNI) perwakilan tiga matra yaitu Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) dan Polri khususnya dalam memperkenalkan materi cinta tanah air.

"Dalam pelaksanaan pendidikan karakter bela negara ini, UHO dibantu TNI AD yang akan membawakan materi tatanan dasar bela negara dan sistem pertahanan semesta, TNI AL dan AU akan memberikan materi wawasan kebangsaan, serta polri memperkenalkan materi cinta tanah air," tambah La Ode Santiaji.

Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 4 hari mulai 8 hingga 11 Desember 2017, yang terbagi atas beberapa gugus salah satunya, di Auditorium Mokodompit, Sport Center serta diberapa fakultas di UHO.

Pewarta : Muh Harianto
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024