Kendari, Antara Sultra - Pemerintrah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mendorong warga di derah ini untuk mengembangkan ternak unggas karena memiliki potensi ekonomi yang menjanjikan.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kendari Sitti Ganef, di Kendari, Minggu, mengatakan kebutuhan hasil produksi usaha ternak unggas masih tinggi di Kendari.

"Tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan telur untuk Kota Kendari saat ini sebagian besar masih didatangkan dari luar Sultra yakni Sulsel," katanya lagi.

Pemkot Kendari kata Ganef lagi, berkomitmen untuk terus mendorong pengembangan usaha peternakan unggas di daerah itu dengan berbagai kebijakan.

"Salah satu bentuk dukungan pemerintah adalah membangun pabrik pakan ternak yang terletak di Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu sudah mulai berproduksi saat ini," ujarnya.

Menurut Ganef, salah satu kendala tidak berkembang usaha ternak di kendari selama ini karena faktor pakan yang susah dan mahal karena harus didatangkan dari luar Sultra.

"Kami hadir dengan memberikan solusi bagi peternak yakni memproduksi pakan ternak meskipun skalanya masih kecil, tetapi bisa menunjang kebutuhan sebagian peternak di Kendari," katanya.

Disebutkan, produksi pabrik pakan ternak tersebut saat ini masih berkitsar 2 sampai 3 ton per hari.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024