Kendari, Antara Sultra - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, bekerja sama dengan BKKBN menggelar kegiatan integrasi Kampung KB bersama mitra kerja di Kelurahan Purirano, Kecamatan Kendari, Minggu.

"Integrasi kampung KB bersama mitra ini adalah tindak lanjut pencanangan kampung KB di seluruh kecamatan beberapa bulan lalu. Dan di Kelurahan Purirano ini telah kita canangkan menjadi kampung KB tingkat Kecamatan Kendari," kata Sekda Kota Kendari, Alamsyah Lotunani saat membuka kegiatan itu.

Ia mengatakan, program KB sangat penting karena membawa manfaat positif dalam mendukung peningkatan kesejahteraan dan pendidikan keluarga.

"Dalam program KB semua direncanakan, seperti kapan kita harus menikah, kapan kita harus hamil, kapan kita harus melahirkan, kapan kemudian kita harus hamil berikutnya, itu sudah diatur," katanya.

Kepala Bidang Adpin BKKBN Sultra, Agus Salim, integrasi kampung KB ini mendorong peningkatan pemahaman warga terhadap perlunya ber KB.

"Kalau pemahaman terkait KB sudah sama, harapan kita para ibu-ibu bisa memberi peluang para suami untuk ikut KB pria atau vasektomi," katanya.

Tenaga ahli anggota Komisi IX DPR-RI, Tina Nur Alam, Muh Fitriadi mengatakan melalui kampung KB pihaknya terus berusaha monitor sampai indikator-indikator kesejahteraan penduduknya hingga pencapaiannya.

Kepala Dinas KB dan Pengendalian Penduduk Kendari, Hasria, melaporkan tujuan integrasi kampung KB bersama mitra ini untuk tingkatkan peran serta pemerintah, lembaga swasta untuk lakukan pendampingan kepada masyarakat untuk aktif dalam kegiatan KKBPK.

"Diharapkan tercapainya komitmen antara pemda, mitra kerja dan masyarakat dalam sukseskan kampung KB dan meningkatkan peran masyarakat ikuti program KB," katanya.

Kegiatan yang diikuti 200 orang tersebut dihadiri pula oleh Camat Kendari dan lurah se-Kecamatan Kendari dan beberapa SKPD yang menjadi mitra kampung KB.

Dalam kesempatan itu diberikan doorprize seperti HP, sepeda gunung, kepada peserta yang beruntung melalui pencabutan undian, kemudian dilakukan pelayanan KB.

Pewarta : Suparman
Editor : Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024